KEBUDAYAAN SUNDA

kesenian  secara singkatnya adalah ekspresi seeorang . kesenian terbagi beberapa macam diantaranya  : seni musik, seni rupa, seni bela diri dan lain-lain. Setiap orang memiliki jiwa seni masing-masing, karena ada orang yang memang mahir dalam seni tarik suara, atau orang yang mahir dalam seni instrument. mungkin juga ada orang yang memang barbakat dalam seni suara dan alat musik. anak yang memiliki bakat dalam musik, cendrung lebih senang mengespresikannya dengan bermusik, baik itu vokal ataupun instrumen.

menurut ilmu psikologi anak yang pendiam atau selalu tenang saat masih balita, maka dalam dirinya memliki jiwa seni yang tinggi, terutama seni musik. ketika masa sekolah kesenian sudah dikenalkan kepada siswa didik sejak awal baik itu seni modrn atau seni tradisional, karenasetiap sekolah memiliki pangajaran seni yang berbeda- beda sesuai dengan derah dan adat istiadatnya.

karena saya adalah masarakat sunda, maka sejak kecil saya sudah di ajarkan  tentang kebudayaan tradisional masyarakat sunda terutama seni musik karawitan, meskipun tidak terlalu pandai dalam bemusik karawitan.

seni karawitan

Karawitan adalah seni suara daerah baik vokal atau instumental yang mempunyai klarifikasi dan perkembangan dari daerahnya itu sendiri. Karawitan di bagi 3, yaitu :

  • Karawitan Sekar,
  • Karawitan Gending,
  • Karawitan Sekar Gending.

Karawitan Sekar

sumber gammbar didapat dari http://oerangtasik.byethost3.com/?p=34

Karawitan Sekar merupakan salah satu bentuk kesenian yang dalam penyajiannya lebih mengutamakan terhadap unsur vokal atau suara manusia.

Karawitan Gending

Karawitan Gending merupakan salah satu bentuk kesenian yang dalam penyajiannya lebih mengutamakan unsur instrumental atau alat musik.

Karawitan Sekar Gending

Karawitan Sekar Gending adalah salah satu bentuk kesenian yang dalam penyajiannya terdapat unsur gabungan antara karawitan sekar dan gending

Pengertian dari karawitan itu sendiri secara khusus dapat diartikan sebagai Seni Musik Tradisional yang terdapat di seluruh wilayah etnik Indonesia.

Penyebaran seni karawitan terdapa di Pulau Jawa, Sumatra, Madura dan Bali. Karawitan memainkan alat musik bernama gamelan, sebagai contoh gamelanpelog/salendro,gamelan cirebom, gamela degung  dan gamelan cianjuran (untuk bentuk sajian ensemble/kelompok). Dalam prakteknya, karawitan biasa digunakan untuk mengiringi tarian dan nyanyian, tapi tidak tertutup kemungkinan untuk mengadakan pementasan musik saja.

Selain seni karawitan masih banyak lagi seni lainnya misalnya sei tari, yang paling terkenal adalah tari jaipong

jaipong

 



wayang golek

selain dari seni kebudayaan sunda terkenal akan tulisan aksara saunda yang mirip aksara jawa, tulisan ini mirip dengan tulisan bahasa sansekerta ha na ca ra ka

 

aksara sunda

Asmarandana-sunda

 

Tentang suhesammy

seorang yang penuh rasa ingin tahunya
Pos ini dipublikasikan di kebudayaan sunda jawa barat, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s